Kamis, 05 Maret 2009

Tanwir Muhammadiyah 2009


Muhammadiyah kembali mengelar Sidang Tanwir. Sidang Tanwir Merupakan sidang Tahunan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah se Indonesia. Sidang Tanwir Tahun ini dilaksanakan di Lampung.

Menjelang pelaksanaan Sidang Tanwir Ke-2 Muhammadiyah, sebanyak 6.000 orang akan mengikuti pawai taaruf, Rabu (4-3). Pawai taaruf dimulai dari GOR Saburai melalui Jalan Ahmad Yani, Jalan Kartini, dan Jalan Raden Intan.

Para peserta pawai berasal dari sekolah menengah atas (SMA) dan perguruan tinggi Muhammadiyah se-Lampung, organisasi otonom, seperti Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Nasiatul Aisiyah (organisasi keputrian), Aisiyah, Tapak Suci dan Hizbul Waton, serta amal usaha Muhammadiyah, seperti rumah sakit Muhammadiyah. Pawai taaruf merupakan bagian dari acara Sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 2009.

Sekretaris panitia, Antoniyus, Selasa (3-3), mengatakan dalam pawai taaruf akan ditampilkan mobil hias, sepeda motor hias, pertunjukan barongsai, reog ponorogo, dan budaya serta kesenian Lampung.

Pawai taaruf dilangsungkan sebagai ajang memperkenalkan peserta sidang tanwir Muhammadiyah kepada masyarakat Lampung, serta sebagai ajang untuk memperkenalkan syiar Muhammadiyah. Pawai taaruf akan dimulai pukul 14.00.

Dalam pawai taaruf akan ada panggung kehormatan di depan Balai Wartawan. Panggung itu akan diisi oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Lampung Mozes Herman, dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung Kherlani.

"Panitia tanwir sudah berkoordinasi dengan Poltabes Bandar Lampung untuk mengamankan jalannya pawai taaruf," kata Antoniyus.

Menurut Antoniyus, sidang tanwir Muhammadiyah dipastikan akan diikuti 300 peserta dari seluruh pengurus wilayah se-Indonesia dan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah. Tiap pengurus wilayah akan mengirimkan empat orang utusan.

Usai pawai taaruf, kata Antonius, akan ada malam taaruf yang dilangsungkan di Balai Keratun. Malam taaruf tersebut akan diisi dengan ramah taman antara peserta dan panitia. Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin akan hadir dalam acara tersebut.

Ketua panitia sidang tanwir Muhammadiyah, Jamhari, mengatakan hingga Selasa (3-3), baru dua tokoh Muhammadiyah yang sudah tiba di Lampung, yaitu Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nasir dan Bendahara PP Prof. Zamroni.

Din Syamsudin beserta 300 peserta lain akan hadir pada Rabu (4-3). "Panitia sudah sangat siap untuk melaksanakan sidang tanwir," kata Jamhari.

Sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 2009 akan dilangsungkan selama empat hari, 5--8 Maret. Pelaksanaan sidang tanwir akan ditempatkan di Hotel Sheraton, Hotel Indra Puri, dan Hotel Grand Anugerah.

Menurut Jamhari, sidang tanwir tahun 2009 merupakan tanwir kedua dalam periode pengurusan 2005--2010. Pembukaan sidang tanwir akan dilangsungkan di Hotel Sheraton. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono serta beberapa menteri kabinet akan hadir dalam pembukaan sidang tersebu

0 komentar:

Posting Komentar