Selasa, 03 Maret 2009

Relawan TPFB : Bangkitlah

Flu burung alias avian influenza (H5N1) kembali merajalela di berbagai daerah. Ratusan ayam mati mendadak. Korban-korban pun kembali berjatuhan. Terakhir, orang yang terakhir meninggal karena flu burung adalah Nurliza Mahmudah (5 tahun) meninggal pada Sabtu (28/2). Nurliza merupakan anak dari Mahmudin Sudin S.Ag. (Sekretaris Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus Pimpinan Cabang Muhammadiyah Depok Barat, tinggal di Kampung Pulo RT 6/8, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

Nurliza sempat ditangani di tempat berbeda, dengan diagnosis yang juga berbeda. Dia dinyatakan terkena tifus oleh Klinik Bahar Medika. Di RS Bhakti Yudha, dia sempat dirawat lima hari karena dinyatakan kena demam berdarah dengue.Mahmudin mengakui sepekan sebelum anaknya sakit, ada tiga ekor ayam milik tetangganya yang mati mendadak. ''Ayam itu dipotong dan dibakar ayah saya. Tetangga pun ikut makan. Tapi, kenapa mereka tidak terkena,'' kata guru agama di SMUN I Depok ini.

Keberadaan jaringan relawan Tim Penangulangan Flu Burung Muhammadiyah Kota Depok perlu diintensifkan kembali, karena baru setelah CBAIC Muhammadiyah melaporkan ke Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Kota Depok barulah mereka melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh kandang unggas di wilayah tersebut, serta melakukan tes acak.

Untuk itu keberadaan teman-teman relawan lui Burung harus lebih aktif dan progresif lagi dalam memantau lingkunag kerja relawan TPFB Muhammadiyah

0 komentar:

Posting Komentar